Read More
HDR city lights Pictures, Images and Photos

Photography

Pengertian Fotografi, Fotografi (Photography) berasal dari 2 kata yaitu Photo yang berarti cahaya dan Graph yang berarti tulisan / lukisan. Dalam seni rupa, fotografi adalah proses melukis / menulis dengan menggunakan media cahaya.

HDR


HDR atau High Dynamic Range dimengerti sebagai suatu keadaan atau proses pembuatan foto yang mengandung rentang Dynamic Range yang besar, yaitu rentang perbedaan antara yang "terang" dan yang "gelap" sangat besar, disebut rentang exposure dinamis. HDR ini dulunya disebut HDRI (High Dynamic Range Imaging).
Dan ada pun yg mengatakan pengertian HDR sebagai "proses".

4 Responses so far.

  1. Anonim says:

    nice gan. tapi mo tanya cara photonya yg kek gini gimana pake kamera slr soalnya gak tau cara pake slr klo mo photo kek gini. btw kameraku canon eos d7. makasi gan.

  2. elia says:

    ohh ia gan klo untuk gambar seperti di atas itu sudah di bantu ma photoshop. Kalau gak pake photoshop gak bakal sampe kayak gitu HDR yg kita lihat. so klo cuma pake kamera biasa coba aja langkah2 berikut.

    Tiga Langkah Utama Cara Membuat Foto HDR :

    1. Multi-Exposure
    2. Merge
    3. Tone-Map

    Secara ringkas adalah sebagai berikut:
    -Multi-Exposure: Membuat beberapa foto yang sama tapi berbeda exposure. (Bracketing).
    -Merge: Gabungkan foto-foto itu dengan Merge HDR.
    -Tone-Map: Lakukan Tone Map terhadap gabungannya untuk mengatur Tone terang gelapnya.

    Itu adalah tiga langkah utama membuat HDR, yang akan dijelaskan lebih detail. Setiap anda ingin membuat foto HDR, mudah diingat ada 3 langkah utama dalam proses HDR di atas :)
    "Multi-Exposure" / "Merge" / "Tone-Map"

    Jadi kalau ada keadaan alam atau potret atau apapun di dunia ini yang mengandung perbedaan gelap dan terang yang sangat besar (Dynamic Range besar) anda bisa membuat foto HDR terhadap keadaan itu. Tidak selalu harus siang hari, juga malam hari banyak keadaan yang mengandung HDR.

    Fake HDR (Pseudo HDR):
    Ada juga HDR Palsu, yaitu melakukan Tone Map terhadap satu file yang diproses menjadi 3 file berbeda exposure, ini bukan HDR tetapi Fake HDR atau Pseudo HDR. Hasilnya memang bagus dan mak nyussss... tapi kadang-kadang tidak sempurna karena langkah pertama sebelumnya tidak dilakukan (MultiExposure).
    Saya juga suka melakukan Fake HDR untuk memanfaatkan proses Tone Mapping.

  3. lelobu says:

    keren banget fotonya mas :D

Leave a Reply

Follow